03
Mar
07

Episode Fogging

Cilacap, Jumat, 1 Maret 2007 pukul 06.30 WIB.

Asap tebal menyelimuti sekitar rumah. Jarak pandang hanya 3 meter. Banyak orang berlarian keluar rumah. Ramai. Semuanya menutup hidung masing-masing untuk melindungi paru-paru mereka dari racun asap. Sepeda motor yang lewat semua menyalakan lampu dan berjalan lambat-lambat. Khawatir terjadi kecelakaan. Akupun terbatuk-batuk sambil memicingkan mata. Melawan asap, berusaha melihat keadaan sekitar.

Uhuk..uhuk..uuggh…asap itu menolak ketika kularang masuk ke hidungku. Mereka tetap merangsek masuk melalui sela-sela masker yang kugunakan dan mengisi bronkusku. Bah..baunya pun betul betul menyesakkan nafas!! Seandainya pelaksanaan fogging diberitahukan sebelumnya, mungkin aku akan mengungsi sementara ke tempat familiku. Jadi ga perlu merasakan sesak dan bau asap yang begitu tebal. Fogging selesai pukul 07.15 WIB, tapi asapnya benar-benar hilang setelah lewat pukul 09.00 WIB.

Aku mendengar dari orangtuaku bahwa fogging ini dilaksanakan setelah salah satu tetangga kami sekeluarga menderita demam berdarah. Sekeluarga? Iya, sekeluarga. Ayah, ibu dan anak-anak. Penyebabnya ternyata tanaman air di halaman rumah mereka yang tak pernah diganti airnya. Alhasil koloni Aides aegepty menjadikan itu sebagai markas besar.

Mengingat banyaknya kasus demam berdarah, terutama di Ibukota, apalagi pasca banjir, memang sudah seharusnya pemberantasan nyamuk-nyamuk nakal ini dilakukan.

Saat pelaksanaan fogging, saya mendengar salah satu tetangga saya bilang, “Coba ya mba fogging-nya dilakukan serentak, pasti nyamuknya bakalan mati semua. Kalo per wilayah gini, ntar nyamuknya bisa ngabur ke daerah bebas asap. Kan sama aja.”

Saya cuma bisa bilang “Hehehe…Iya ya bu..” sambil cengengesan. Tapi menambahkan dalam hati “Iya, kita juga bisa klenger, karena semua area full asap. Lha kita mau menghindar kemana coba???”

Iklan

0 Responses to “Episode Fogging”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Episode Maruria

Yang Saya Dukung

Coin A Chance

Gerakan 1000 Buku

Bloggers For Bangsari

http://bangsari.blogspot.com/2007/08/minta-bantuan-donasi-untuk-anak-anak.html

My Facebook

Marlia Suminar's Facebook profile

My Mofuse

My Community


Photobucket

Be My Friend

Add to Technorati Favorites

Maru's Flickr

Visitorz

  • 12,213 pengunjung

%d blogger menyukai ini: