27
Jul
08

Episode Unanswered Questions

Saturday night 11.53 pm. Laying in my bed with my eyes open. Cannot sleep at all. Hanya terdengar deburan ombak pantai selatan yang sayup-sayup. Padahal ia berada 7 km jauhnya dari kamarku. Malam menua dan sebagian manusia tersesat dalam pelukan mimpi. Aku, kamu, dia juga mereka. Kita. Untuk apa sebenarnya manusia diciptakan? Dengan sifat dan karakter berbeda. Baik, jahat, kaya, miskin, jujur, munafik, iman juga ingkar. Dituliskan-Nya takdir pada masing-masing makhluk. Dibuatlah konflik. Permusuhan. Peperangan. Bencana. Mukjizat. Bukankah semua itu adalah kehendak-Nya? Dunia ini permainan-Nya. Kita ini permainan-Nya. Bayangkan jika seluruh manusia seragam. Tidak akan ada konflik. Datar. Hambar. Maka permainan tidak akan seru lagi. Dengan alasan itukah Dia menciptakan manusia dan alam semesta? Jika Ia bosan, maka dihancurkannya lalu dimulai lagi dari awal permainan yang baru. Mungkin Ia bosan pada dinosaurus, karena itulah Ia bubarkan dan menggantinya dengan era manusia?

Lalu ada pula surga dan neraka. Ada syarat untukmasuk ke masing-masing tempat itu. Apa benar Tuhan membutuhkan pengakuan bahwa Dialah Yang Maha Segalanya? Apa benar Tuhan menginginkan manusia untuk menyembah-Nya? Lalu mengapa Ia janjikan surga bagi mereka yang bertakwa? Mereka yang tak pernah lupa menyembah-Nya? Mereka yang tak pernah menyakiti makhluk-Nya?  Mengapa harus ada syarat untuk menempati surga? Apakah surga tak mampu menampung seluruh manusia yang ada?

Begitu banyak pertanyaan dalam benakku yang tak mampu kujawab sendiri. Hmm..aku juga bingung sendiri. Akalku terlalu dangkal untuk bisa menjawab semua pertanyaan ini. Atau apakah itu semua adalah dogma?

Semoga malam ini aku bisa tidur. Jadi tak perlu lagi memikirkan tentang pertanyaan-pertanyaan yang sulit kudapat jawabannya. Fuuhhh….

9 Responses to “Episode Unanswered Questions”


  1. Juli 28, 2008 pukul 8:19 am

    Akal manusia mmg terlalu dangkal untuk bisa menjawab semua pertanyaan tsb.
    namun yang pasti, tidak ada “kebetulan” di dunia ini, semua sdh teratur dan terencana scr pasti oleh Yg Maha Kuasa.

    btw, thanks 4 ur visiting

  2. Juli 28, 2008 pukul 1:03 pm

    Kadang ada pertanyaan yang gak mungkin terjawab … untuk saat ini.

  3. Juli 28, 2008 pukul 10:43 pm

    @herry
    Setuju.Tak ada kebetulan di dunia ini.

    @fisha17
    Trus kapan pertanyaan2 saya itu bisa terjawab ya?

  4. Juli 29, 2008 pukul 10:02 am

    apakah sekiranya dirimu sedang gundah gulana karena padu karo bojomu? Wahh ojo bingung2 lah … baru nikah koq wis padu ….

  5. Juli 29, 2008 pukul 5:20 pm

    @moes jum
    Aku yen padu ga pernah lama,jadi gag mungkin bikin gundah,mas.hehehe..

  6. Juli 30, 2008 pukul 8:19 pm

    “Dengan sifat dan karakter berbeda. Baik, jahat, kaya, miskin, jujur, munafik, iman juga ingkar. Dituliskan-Nya takdir pada masing-masing makhluk.”

    ah kalo nasib sudah ditentukan dari sononya, saya kok jadi pesimis….kayaknya percuma saya terus berusaha….kayaknya Tuhan gak se-Ndeso gitu deh..!

  7. Juli 31, 2008 pukul 2:01 pm

    @gambarpacul
    memang ada takdir yang tak bisa diubah, ada yang perlu diusahakan. But still, Tuhan yang mengatur semuanya to kang?? hehehehe…

  8. Agustus 17, 2008 pukul 1:22 am

    Dunia permainan? trus ngapain kita disuruh memilih? trus ngapain kita disuruh untuk tetap berusaha? trus ngapain ada sorga dan neraka? trus ngapain ada syarat-syarat untuk untuk masuk surga dan mengapa pula ada syarat-syarat untukmasuk neraka? trus kenapa saya adalah anak bapak saya dan saya adalah anak ibu saya? trus kenapa akhirnya saya memilih teman dekat wanita saya menjadi belahan jiwa saya? trus kenapa saya menginginkan anak laki2 dan alhmdulillah saya diberi anak lelaki? trus kenapa saya harus mendidik anak saya agar dia dapat menjadi lelaki dewasa yang berguna untuk keluarga,bla..bla..bla..dst? mungkinkah semua jawaban akan kita dapat saat kita menjadi penjual es cendol di Kutub Utara? atau apakah jawaban akan datang sendiri seperti datangnya malaikat maut yang salah alamat?..hehe jadi bingung nih nty.. mohon pencerahan..

  9. Agustus 21, 2008 pukul 1:17 pm

    @blukutut :::
    Lha itu. saya juga bingung jeh…Belum nemu jawabannya.


Tinggalkan Balasan

Episode Maruria

Yang Saya Dukung

Coin A Chance

Gerakan 1000 Buku

Bloggers For Bangsari

http://bangsari.blogspot.com/2007/08/minta-bantuan-donasi-untuk-anak-anak.html

My Facebook

Marlia Suminar's Facebook profile

My Mofuse

My Community


Photobucket

Be My Friend

Add to Technorati Favorites

Maru's Flickr

Visitorz

  • 12,157 pengunjung

